Connect with us

Olahraga Indonesia

Tips Olahraga Saat Berpuasa

Published

on

Warungsports – Bulan ramadhan bukan berati olahraganya ikutan puasa juga lho, olahraga tetap penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa

Pada bulan ramadhan olahraga bisa dilakukan di waktu tertentu misalnya pada saat sebelum sahur, sebelum berbuka, atau sesudah tarawih.

Olahraga yang baik merupakan olahraga kombinasi dari aerobik dan anaerobik. Sejumlah olahraga aerobik seperti senam, zumba, jogging, skipping, dan jalan cepat.

Dan olahraga anaerobik seperti home body workout, circuit training, push-up, sit-up, skuat, dan lunges.

Olahraga yang cocok untuk bulan ramadhan olahraga apa pun boleh dilakukan asal telah sesuai dengan kondisi tubuh msing-masing orang. karna setiap orang memiliki kebugaran yang berbeda beda.

“Disesuarkan tubuh masing-masing. Seperti apa status kebugarannya, seperti apa kefleksibilitas tubuhnya, dan kekuatan ototnya seperti apa, itu perlu diperhatikan.” kata Rizal ahli gizi.

Selain itu, memilih jenis olahraga juga tak kalah penting. Olahraga bisa dilakukan dengan senang hati tidak merasa terbebani.

“Selain itu juga ada preferensinya, percuma kita kemudian bilang olahraga A yang bagus namun orangnya tidak suka justru tidak jadi olahraga.”lanjutnya.

Berpuasa bukan berarti kamu malas-malasan untuk berolahraga. Hal itu justru menjadi faktor yang meningkatkan berat badanmu. Cobalah untuk menyisihkan waktumu untuk berolahraga.

Kalau tidak bisa olahraga yang berat, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan seperti bejalan kaki sambil menunggu berbuka puasa. Jalan kaki asal dilakukan dengan rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori.

Jadi puasa bukan berarti halangan untuk tidak berolahraga. Kamu bisa melakukannya saat tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam

Advertisement Smiley face
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Atlet Indonesia

Ada 7 Jenis Olahraga Agar Bisa Memperkuat Otot Tubuh, Tanpa Menggunakan Alat

Published

on

By



Warungsports – Bisa memiliki tubuh yang sangat sehat adalah dambaan setiap manusia, dan sebagian orang merawat tubuh mereka dengan menggunakan bermacam macam alat olahraga, Untuk meningkatkan otot agar lebih maksimal terkadang mereka juga mengkonsumsi Suplemen.

Bagian tubuh yang sering di latih oleh manusia adalah, Otot lengan , Dada, Perut, dan Kaki, Namun agar mendapatkan bentuk yang lebih bagus terkadang tidak hanya itu saja yang mereka fikirkan , Namanu ada Otot punggung bawah dan Otot Pinggul.

Melatih otot tubuh ini sangat lah penting, Bukan hanya mendapatkan bentuk yang bagus, Namun bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan juga kuat.

Untuk membentuk otot tubuh yang kuat, Kami akan rangkum beberapa jenis olahraga yang bisa membentuk otot.

1. Seated Leg Lift

Jenis latihan pertama yang memperkuat otot inti tubuh adalah duduk dan angkat kaki. Tindakan ini dimulai dengan duduk di lantai dan meluruskan kaki ke depan. Kemudian kencangkan inti dengan sedikit miring sehingga tangan Anda berada di kedua sisi pinggul Anda. Tarik napas dalam-dalam, lalu angkat satu kaki 15 cm dari lantai. Letakkan kaki Anda di udara selama 5 detik, lalu letakkan kaki Anda di lantai. Ulangi tindakan ini dengan kaki lainnya. Latihan kedua untuk memperkuat otot inti tubuh adalah mengencangkan. Gerakan dimulai dengan tungkai dan punggung rata.

2. Bird-Dog Crunch

Angkat tangan kanan dan kaki kiri secara bersamaan sampai sejajar dengan punggung. Pertahankan gerakan ini selama 10 detik, lalu turunkan kaki dan lengan Anda secara perlahan. Lakukan hal yang sama di sisi lain selama 10 detik. Jika Anda bekerja keras selama 15 menit sehari, otot punggung Anda akan lebih kuat dan sehat.

3. Chair Dips

Cara ketiga untuk melatih otot inti tubuh adalah dengan duduk. Saat melakukan latihan ini, Anda bisa menggunakan bangku atau tangga. Latihan dimulai dengan meluruskan punggung dan kemudian menempatkan lengan di belakang kursi atau tangga. Kemudian, regangkan kaki Anda dan letakkan benda berat di tangan Anda. Kemudian angkat beban dengan tangan Anda. Saat mengangkat tubuh, luruskan lengan, dan saat menurunkan tubuh, tekuk lengan. Rentangkan lengan Anda selama 3 detik, pertahankan postur Anda, lalu turunkan.

4. Standing Bicycle Crunch

Latihan keempat yang memperkuat otot inti tubuh adalah standing bicycle crunch. Tindakan ini dimulai dari posisi berdiri, dengan kaki dibuka selebar pinggul dan tangan di belakang kepala. Kemudian luruskan inti Anda melalui punggung dan bahu Anda. Kemudian angkat siku kanan dan kaki kanan agar lutut kanan bisa menyentuh siku kiri. Ulangi tindakan dengan tangan lainnya dan kaki lainnya.

5. Pull Up

Latihan kelima untuk memperkuat otot inti tubuh adalah pull-up. Gerakan pull up dilakukan dengan cara mengangkat bagian tubuh dengan tangan sudah diletakkan di atas batang. Letakkan tangan Anda sedemikian rupa sehingga terpisah selebar bahu, lalu pegang tuas atas. Angkat tubuh Anda sehingga dada Anda sejajar dengan barbel. Tekan dan turunkan.

6. Sit Up

Latihan lain yang memperkuat otot inti tubuh adalah sit-up. Untuk memulai latihan sit up, Anda bisa duduk di lantai dan menekuk lutut serta tumit hingga menyentuh lantai. Letakkan tangan Anda di atas kepala. Letakkan kaki Anda di lantai dan telentangkan punggung agar punggung Anda bisa rata di lantai. Angkat tubuh ke lutut, lalu turunkan lagi.

7. Spider Plank Crunch

Tipe berolahraga buat menguatkan otot badan inti yang terakhir merupakan spider plank crunch.

Buat melaksanakan gerakan ini, letakkan tangan dengan menapak ke tanah di dasar bahu, kaki diluruskan serta jari kaki menunjuk ke tanah

Angkat kaki kanan serta membawa lutut ke arah siku kanan bagian luar. Jalani gerakan ini secara berulang- ulang.

Continue Reading

Olahraga Indonesia

Tips Menjalankan Olahraga Saat Berpuasa

Published

on

By

Warungsports – Meski tak ada asupan makanan dan minuman saat puasa, baiknya tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Justru, olahraga yang dilakukan dengan tepat saat berpuasa dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Hal ini disampaikan oleh dosen fakultas kedokteran Universitas Airlangga, Bambang Purwanto. Ia mengatakan, berolahraga saat puasa dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Bambang mengungkapkan, sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita berolahraga, salah satunya mengembalikan keseimbangan metabolisme hingga merawat kesehataan reproduksi.

Jika dilakukan dengan tepat, olahraga juga dapat memperkuat jantung, terutama mengembalikan stabilitas tekanan darah.

“Kuncinya ada keseimbangan energi dan aktivitas. Menjalankan puasa dan solat tarawih jika saja rutin 30 hari pasti imunitas naik” Ungkapnya

Untuk mendapatkan manfaat baik berolahraga saat puasa, Bambang menyarankan melakukan persiapan yang baik sebelum melakukan aktivitas fisik selama puasa.

Asupan Nutrisi

Sebelum memulai olahraga, Bambang menegaskan untuk memperhatikan keseimbangan antara jumlah asupan nutrisi dengan aktivitas fisik. Karena tubuh harus tetap memiliki keseimbangan antara apa yang didapat dan dikeluarkan.

“Kalau memang besok ingin berolahraga, ya kalau bisa dari buka sampe sahur asupan makan ditambah”Saran bambang.

Dalam aktivitas olahraga pada dasarnya tubuh tidak dapat dipaksa melebihi energi yang tersedia. Jika dipaksa, Terangnya, Imunitas tubuh terhadap virus, dan bakteri justru akan cenderung menurun.

“Resiko infeksi akan meningkat jika imunitas kita menurun, Ini tidak terjadi pada Covid-19 saja salah satunya demam berdarah dan tipes.” Katanya.

Pemilihan Jenis Olahraga

Berdasarkan riset, Selama puasa jumlah kalori yang dikosumsi oleh tubuh relatif menurun, membuat ketersediaan energi menurun. Selain itu, Pola kosumsi makanan selama puasa juga beubah. Meski perubahannya tidak begitu berpengaruh, Aktivitas fisik juga harus sesuai dengan ketersedian energi.

Bambang menyarankan sebaiknya digunakan pada aktivitas aktivitas penting seperti belajar dan bekerjaa.

Continue Reading

Olahraga Indonesia

Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia Diminta Untuk Melakukan Terobosan

Published

on

By

Warungsports – Mentri pemuda dan olahraga Zainudin Amali berpesan agar Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia menjalankan tugas mengawal grand design keolahragaan nasional. Hal ini disampaikan pada saat membuka Rakernas sekaligus HUT ISORI ke-52.

sebagai organisasi yang isinya para sarjana olahraga harus melakukan terobosan baru dan harus percaya diri dalam memajukan olahraga indonesia.

“Semua anggota ISORI harus percaya diri, Karna dari kepercayaan diri akan lahir kreativitas dn inovasi. eksistensi ditengah masyarakat harus bisa dirasakaan.”Tegas amali.

Amali meminta ASORI untuk mengambil peran, melaksanakan tugas dan mengawal Grand Design Keolahragaan Nasional yang diberitahu kepada Presiden dan tinggal disosialisakikan.

Mendapat pesan tersebut, Ketua PP ISORI menyatakan siap melaksanakan dan mengawal Grang Design Keolahragan Nasional dengan mempersiapkan program sosialisasi secara masif kepada masyrakat.

Harapan Menpora Untuk sarjana Olahraga

“Dalam rencana pembangunan baik jangka menengah maupun jangka panjang kita akan membangun sumber daya manusia yang unggul, bermental baja dan tentu itu aakan di topang oleh SDM dalam hal ini tentang kesehatn dan kebugarn.”Kata Amali

Pembina ISORI juga ingin berkontribusi di tengah masyarakat yaitu organisasi dikonsolidasikan hingga ke daerah, diregistrsi kembali dengn pendataan aanggota yang akurat

Continue Reading

Olahraga Indonesia

Saran Ini Dapat Membentuk Otot Tubuh Anda Dalam 2 Bulan

Published

on

By

Warungsports – Semua orang berlomba-lomba mendapatkan tubuh ideal dan berotot kekar. Tentunya Pusat kebugaran menjadi tempat favorit.

Pada masa pembentukan otot suplemen protein pasti di kosumsi demi mempercepat proses pembentukan. Tapi menurut National Group Fitness Manager, hal itu bisa sia sia apa bila tidak mengindahkan asupan nutrisi setiap hari.

“Dengan istirahat yang cukup dan nutrisi yang lengkap, biasanya dalam waktu 2-3 bulan sudah terasa tuh hasilnya.” Ucap seseorang di celebrity fitness.

setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda-beda. maka dari itu memakan makanan begizi seimbang setiap saat.

“Ada kaarbonya, sayurnya banyak, ada daging nya, ngemil buah saja sekarang makan itu yang real food, bukan yang process food. sama kalo bisa sih dikurangi makan makan yang mengandung gula.” kata Triesca.

Hidrasi juga harus diperhatikan, Air juga sangat penting bagi tubuh. terutama pada sel-sel. 70 persen pada tubuh kita mengandung air. maka asupan air harus terpenuhi demi menghindari dehidrasi.

“Dan semakin umur bertambah, badan berkurang kadar airnya. kenapa jadi keriput dan kulitnya enggak bagus, ototnya lengket engga luwes, engga fleksibel karna berkurangnya air.”pungksnya

Banyak sekali gerakan kalistenik yang bisa di peraktikan mulai yang mudah hingga yang sulit. Misalnya: push up, pull up, dips, muscle up, hingga planche.

Kita tidak boleh melakukan nya asal asalan walaupun mudah itu harus dijalankan dengan benar demi mendapatkan hasil yang optimal.

Continue Reading

Olahraga Indonesia

Jaga Kebugaran Anak, Ini 3 Materi Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Published

on

By

Warungsports – Sejak melandanya pandemi COVID-19 yang mengubah cara hidup manusia termasuk di Indonesia Pertemuan di luar rumah dibatasi untuk meminimalisasi penyebaran virus tersebut. Seiring dengan waktu yang berjalan mereka memanfaatkan teknologi yang ada.

metode online learning semakin terasa mudah dengan kehadiran platform pembelajaran elektronik yang dapat digunakan secara gratis.

Selama pandemi, bisa saja guru dan orang tua hanya memberikan teori pada anak tanpa praktik. sangat disayangkan karna fungsi praktik dapat meningkatkan kebugaran tubuh pada anak yang justru dibutuhkan tubuh anak pada masa pandemi ini.

ada beberapa materi praktik yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh anak yakni:

1. Push up dan Sit Up

Kedua gerakan ini adalah melatih kekuatan dan kekebalan tubuh yang umum dapat dilakukan dimana saja, tidak memerlukan peralatan dan tidak menggunakan ruang yang besar.

meskipun terlihat mudah dua gerakan ini berperan penting dalam semua jenis olahraga. Saat mengajarkan ini pada anak harus memperhatikan postur anak sebab sering kali merasakan kesulitan untuk menahan bokong pada saat menurunkan tubuh.

2. Lompat Tali

Walaupun terlihat mudah gerakan ini membutuhkan konsentrasi penuh dan koordinasi tubuh yang baik. Selain kedua aspek tersebut, lompat tali dapat mengurangi cedera pada kaki.

Gerakan ini juga dapat banyak membakar kalori bahkan banyak jumlah kalori yang terbakar lebih banyak dari joging selama 30 menit.

3. Latihan basket

Selain gerakan dasar tadi, orang tua dan guru juga memberikan varian olahraga yang menyenangkan. misalnya permainan bola basket. Guru dan orang tua bisa meminta para anak untuk latihan menggiring bola basket atau dribble dan menembak bola ke jaring atau shoot.

Hal ini dilakukan agar sang anak tidak merasa bosan dan jenuh karena latihan dasar berulang ulang.

Continue Reading

Olahraga Indonesia

Apakah Habis Di Vaksin Boleh Olahraga?

Published

on

By

Warungsports – Vaksin Covid-19 dan olahraga mempunyai tujuan yang sama yaitu menjaga kesehatan tubuh. Apakah habis vaksin boleh berolahraga?atau ada pantangan tertentu?

Vaksin Covid-19 merupakan produk baru. Ada banyak hal hingga saat ini masih terus diteliti, Termasuk efeknya di dalam tubuh. Berbagai macam kemungkinan efek samping, Memang sudah di teliti melalui uji klinis pada tahap pengembangan. Ketika suatu vaksin boleh dipergunakan, Itu artinya faktor keamanan sudah dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Observasi

Vaksinasi Covid-19 mengharuskan penerima vaksin untuk menunggu 30 menit sebelum meninggalkan tempat vaksinasi.

Jadi jika mau berolahraga setelah vaksinasi, sebaiknya tunggu setelah observasi.

2. Ada Kemungkinan Efek Samping?

Dianggap wajar jika hanya keluhan ringan seperti rasa letih, sakit kepala, nyeri otot, sedikit demam. Keluhan ini biasa muncul setela 1-2 hari.

“efek samping ini merupakan respon imun terhadap vaksin.”kata David Wyles. Menurut ia keluhan keluhan itu cepat hilang dan tidak terlalu menggangu aktivitas sehari-hari.

3. Tidak Langsung Kebal

Salah satu titik lengah adalah ketika berolahraga bareng-bareng, harus dipertimbangkan juga soal protokol pencegahan COVID-19.

Penting diingat vaksin tidak memberikan kekebalan saat disuntikan. Pakai masker dan jaga jarak tetap kewajiban.

Selama tidak muncul keluhan serius dan sudah melakukan observasi maka tidak ada larangan untuk beraktivitas seperti biasa.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2021 by WarungsSports